Tim Ekspedisi Cincin Api Gapai Puncak Mahameru

Budiman Tanuredjo | Robert Adhi Ksp | 2011-11-17 | 07:20:52
|
Share:
KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAt

Indira Permanasari serta anggota tim Ekspedisi Cincin Api Kompas lainnya tiba di Mahameru, puncak Gunung Semeru (3.676 mdpl), Kamis (17/11/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas hari Kamis (17/11/2011), pukul 06.15 pagi menggapai Puncak Mahameru 3676 meter di atas permukaan laut.

Ketua Tim Ekspedisi Ahmad Arief mengabarkan hal itu melalui telepon satelit kepada Kompas Kamis. Tim terdiri dari Ahmad Arief, Indira Permanasari, Totok Widjajanto (ketiganya wartawan Kompas) dan Fikria Hidayat (Kompas.com) menggapai puncak Mahameru setelah beberapa kali tertunda karena hujan badai. Mereka sempat membuka kamp di Kalimati, sebelum menggapai Puncak Mahameru Rabu tengah malam.

Perjalanan ke puncak amat berat karena medan berpasir dan berbatuan yang kerap longsor ketika diinjak. Tim Ekspedisi Cincin Api yang merupakan kerja kolaborasi Kompas cetak, Kompas.com dan Kompas TV adalah yang pertama dilakukan media di Indonesia untuk katagori cross media coverage.

Ekspedisi Cincin Api telah menggarap kawasan Gunung Tambora, supervulkano Toba, Gunung Anak Krakatau yang liputannya bisa dibaca di Kompas cetak, Kompas.com dan Kompastv. Mereka juga telah mendaki Gunung Agung dan Rinjani yang laporannya akan segera bisa disaksikan di Kompas, Kompas.com dan Kompas TV.

Ahmad Arief mengatakan perjalanan ke Jawa Timur adalah yang terberat, terutama faktor cuaca ekstrim di Gunung Ijen, Bromo dan terakhir Semeru.

"Perjalanan tertunda-tunda karena cuaca yang sangat buruk. Beruntung kami diberi cuaca cerah sehingga bisa menggapai Mahameru," kata aik, panggilan Ahmad Arief.